Gunung Merapi Di Sulawesi Selatan Menyala Saat Ini Dalam Status Awas.


Sulsel, Jurnalis169.com - Sebuah gunung Merapi Ruang di Sulawesi Utara saat ini diketahui sudah memasuki status awas atau level IV, hal ini membuat sejumlah warga yang berada di radius 6 km sekitar Pulau Tagulandang harus mengosongkan warga di wilayahnya.

Saat dikonfirmasi awak media Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, sejumlah ada empat kapal sedikitnya akan segera dikerahkan untuk mengevakuasi warga ke wilayah Manado.

“Diketahui besok dari Lantamal sendiri akan mendukung pengerahan KRI untuk mensupport pelaksanaan evakuasi. Jadi kalau ada KRI kemudian saat ini dalam proses evakuasi warga dari Gunung Ruang ke Tagulandang ada kapal feri penyeberangan meskipun ada 2 unit,” katanya saat konferensi pers secara daring, Kamis (18/4/2024) dini hari.

 “Kemudian ada kapal basarnas 1 unit yang sudah berjalan dari tadi pagi, jadi paling tidak, ada 4 kapal pasti bisa mendukung,” sambungnya.

Abdul menjelaskan, butuh waktu sekitar lima hingga enam jam untuk menuju Manado dari Tagulandang menggunakan jalur laut, sehingga pihaknya akan mengoptimalkan kapal-kapal yang ada untuk proses evakuasi.
Diberdayakan oleh Blogger.