Wacana Bensin Pertalite Akan dihapus Penggantinya bensin Jenis baru harganya Bisa lebih Sedikit mahal.

Jakarta , Jurnalis169.com -  Sebuah Bensin Jenis Pertalite saat ini masih dijual bebas di SPBU Pertamina di seluruh Indonesia dengan harga normal yang sangat membantu masyarakat diseluruh Indonesia dengan harga yang masih dijangkau.

Harga jual Pertalite saat ini diketahui masih Rp 10 ribu per liternya dan jika apabila nanti digantikan dengan jenis bensin baru harganya lebih mahal.

Walaupun belum fix soal rencana penghapusan Pertalite namun informasinya sudah beredar luas.

Hal ini berkaitan dengan kualitas udara di Jakarta dan sekitarnya yang kurang bagus.

Penghapusan Pertalite akan memperbaiki kualitas udara di Jabodetabek. PT Pertamina Persero sendiri sudah mengusulkan akan menghapus BBM jenis Pertalite mulai tahun ini.

Pertamina sendiri direncanakan sudah mempersiapkan bensin jenis baru yakni Pertamax Green 92 untuk menggantikan Pertalite.

Dari segi kualitas memang berbeda karena Pertamax Green memiliki RON atau oktan lebih tinggi yakni 92.

Dari harganya Pertamax Green 92 yang sudah dijual di SPBU Pertamina Jakarta dan Surabaya, harganya per liter Rp 13.900 atau lebih mahal Rp 3.900 dari banderol Pertalite.

Rencana akan dihapusnya Pertalite ini sudah sesuai dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang nantinya bensin paling rendah yang bisa dijual di Indonesia minimal memiliki RON 91.

Sementara Pertalite sebagai bensin paling murah cuma memiliki RON 90.

Apakah nantinya Pertamax Green 92 akan mendapat subsidi pemerintah? Nicke Widyawati Direktur Utama PT Pertamina Persero mengaku bahwa harga Pertamax Green 92 diperkirakan akan masuk kategori BBM tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).
Diberdayakan oleh Blogger.