Pemerintah Pemprov DKI Jakarta Kaji Untuk Kebijakan Sekolah Swasta Akan Digratiskan Juga Seperti Sekolah Negeri.


Jakarta,Jurnalis169.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini tengah mengkaji supaya seluruh sekolah swasta agar kedepan bisa juga digratiskan dan dirasakan untuk masyarakat DKI Jakarta yang kurang mampu dalam bidang pendidikan.

Diketahui dalam sebuah kajian ini dilakukan untuk pemerataan infrastruktur hingga menambah daya tampung sekolah di Jakarta.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan sedang mengkaji agar nanti sekolah swasta juga bisa kita gratiskan. Jadi SD swasta, SMP swasta, SMA/SMK swasta sedang kita kaji untuk kita gratiskan semua," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin di Podcast Seputar PPDB Provinsi DKI Jakarta yang ditayangkan di YouTube JakDisdikTV, Selasa (4/6/2024).

Budi memang belum memerinci lebih lanjut mengenai rencana tersebut. Namun, perlu diketahui, saat ini terdapat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Bersama.

PPDB Bersama merupakan skema penerimaan peserta didik baru dari kerja sama antara Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan satuan pendidikan swasta. Siswa yang diterima melalui PPDB Bersama akan dibebaskan dari biaya pendidikan, mulai uang pangkal hingga iuran lain, sehingga siswa bisa mengenyam pendidikan secara gratis seperti di sekolah negeri.

Budi menjelaskan, pada 2024 ini, PPDB bersama dibuka untuk jenjang pendidikan SMP, SMA, dan SMK dengan daya tampung lebih dari 8.000 kursi.

"PPDB Bersama tahun lalu tidak ada SMP, sekarang ada SMP, SMA, dan SMK. Jumlahnya cukup banyak tahun ini sekitar 8.000-an," jelasnya.

Budi menjelaskan, alasan PPDB bersama diselenggarakan, Pasalnya, daya tampung sekolah negeri di Jakarta cenderung terbatas.

"Mengingat daya tampung kita saat ini kurang, terbatas. Misalnya, daya tampung SMP di angka 47,03 persen. Jadi 60 persen kan enggak diterima tuh. Jadi daya tampung SMP itu 71 ribu sedangkan CPDB di angka 151 ribuan. Tambah lagi SMA, SMA lebih jauh lagi.

Kali ini sekolah untuk SMA cuma di angka 35,53 persen. Kalau kita lihat daya tampung SMA 29 ribu, terus di SMK 20 ribu. Sedangkan CPDB nya 139.841. Itulah makanya kita melakukan pertama adanya PPDB bersama," terangnya.

Melalui PPBD Bersama, siswa bisa memilih sekolah swasta dengan jalur afirmasi, yaitu sekolah swasta yang telah bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta.
Diberdayakan oleh Blogger.